7 Ide Virtual Event yang Gak Boleh di Skip Saat Pandemi

Diperbaharui

Pandemi bukan penghalang lagi buat ngadain acara – acara yang memungkinkan berkumpulnya banyak orang, eits bukan berarti gak taat protokol kesehatan ya. Event yang biasa dilaksanakan ini semakin jarang diselenggarakan secara on site dan diubah menjadi virtual, jangan sampai ke skip deh pokonya event virtual ini apa aja sih, yuk mari kita bahas.

1.Webinar

Webinar ini singkatan dari web seminar, webinar ini udah ada dari lama sebenernya tapi booming banget pas pandemi ini, dan yakin banget kalo setiap orang pasti pernah ikut webinar temanya macem – macem kesehatan,otomotif dan masih banyak lagi, dari gratis sampai berbayar dan bisa diikuti seluruh dunia tergantung dari penyelenggaranya dan jangkauannya.

Beberapa contoh webinar yang diselenggarakan skala nasional adalah Webinar yang bertemakan Bisnis Oleh NIVEA yang ditunjukkan untuk para perempuan membangun potensi dirinya.

 

2.Virtual Reality

Kalo ini virtual event yang interaktif, seolah-olah hadir dalam acara atau tempat, yang pasti gak sembarang orang bisa buat virtual event ini, bahkan perlu developer, tapi adanya virtual Reality ini menolong kita banget buat ngerasain feel tempat atau acaranya.

Seperti Pameran – pameran,museum tour, Virtual Exhibition. Contohnya Seni Virtual Reality “DAMAGED” yang digelar oleh Shepard Fairey, tanpa perlu ke Los Angel para penggemar bisa hadir dalam pameran tunggalnya yang terbesar.

 

3.Virtual Launching

Adaptasi dari pandemi akhirnya para perusahaan mengadopsi virtual Launch, karena kebutuhan akan launching produk baru, selain untuk menghindari kerumunan. Virtual launch dapat menjadi strategy marketing kenapa karena mampu meminimalisir pengeluaran, serta efisien karena lebih fleksibel bahkan setiap orang dari belahan bumi lain pun dapat hadir.

Salah satu brand ternama yang mengadakan virtual launch untuk pertama kalinya adalah BMW ketika mengeluarkan seri 630i Gran Turismo M Sport di Channel Youtube Resmi BMW dengan lebih dari 1.3 Juta Penonton.

 

4.Virtual Tour

Kalau kegiatan tour sangat identik dengan kegiatan offline maka kali ini Komunitas JKT Good Guide bekerjasama dengan Kemenparekraf mengadakan tour virtual ngabuburit wisata kebun kopi.

Virtual Event ini bertujuan menginspirasi komunitas lain untuk ikut mengadakan wisata virtual, karena para pelaku pengelola wisata harus bersiap dengan New Normal salah satunya adalah Virtual Tour seperti ini. Alasan mengapa kebun kopi dipilih dari banyaknya destinasi adalah karena banyak komunitas pecinta kopi yang pastinya tertarik dengan Virtual tour yang diadakan.

Terbukti dengan antusiasme yang lebih dari 200 orang, bukan hanya mengunjungi tempat kopi tapi juga menceritakan sejarah dibalik berdirinya toko kopi,ada beberapa destinasi toko kopi yang sambangi salah satunya Toko Kopi Luwak Gondangdia.

 

5.Wisuda

Universitas di dunia berusaha menghelat acara wisuda meskipun di tengah pandemi salah satu solusinya adalah dengan mengadakan secara virtual, tanpa mengurangi Euforia wisuda virtual pun dapat dilangsungkan dengan Khidmat.

Salah satu Universitas yang mengadakan wisuda Virtual adalah Universitas Indonesia dan beberapa universitas lainnya. Dan ada juga Universitas yang mengadakan Wisuda Virtual dengan teknologi Virtual Reality adalah ITB (Institut Teknologi Bandung).

 

6.Trade Show Pameran

Pameran Motor Virtual (Indonesia International Motor Show 2021). Kegiatan Virtual ini diselenggarakan oleh Dyandra Promosindo tujuan ini dilaksanakannya Pameran Virtual karena ingin meningkatkan kembali kejayaan Industri Otomotif maka pameran ini dilaksanakan.

Event atau pameran tahun 2021 diadakan secara Virtual ditunjukkan karena bukan hanya untuk menarik antusiasme pengunjung skala nasional akan tetapi internasional.

Untuk mengakomodasi peserta yang memungkinkan untuk datang ke pameran acara ini juga diadakan secara hybrid, disediakan juga platform belanja online jika pengunjung tertarik untuk membeli karena terdapat banyak terdapat suku cadang yang dipamerkan. Pameran ini banyak menghadirkan brand – brand ternama baik roda dua ataupun roda empat seperti BMW, Hyundai dan masih banyak lagi

 

7.Konser Virtual

Virtual Event ini jadi yang paling banyak diminati oleh orang-orang, karena banyak banget musisi dunia yang mengadakan event ini, sekaligus jadi ajang untuk lebih dekat dengan para penggemar karena fleksibel dan seluruh dunia bisa mengakses ini. Konser Virtual ini juga bisa jadi ajang kolaborasi musisi – musisi besar di berbagi dunia berkumpul dalam satu platform.

Jika kita telusuri, di setiap konser yang diselenggarakan secara virtual ini terdapat beragam jenis-jenis musik yang dipamerkan dari berbagai musisi artis tergantung pada tema event tersebut.

Selain itu konser virtual ini juga bisa menjadi ajang untuk mengadakan konser amal yang banyak berdonasi karena pengunjungnya di dapat dari seluruh dunia. Salah satu contoh konser terbaik yang digelar selama pandemi adalah Where Do We Go : Billie Eilish, terdapat interaksi virtual dan bersegmen – segmen dengan para penggemarnya hasil dari konser inipun didonasikan untuk para kru yang terdampak virus corona.

Itu tadi macem macem ide virtual event yang jangan sampe ke skip karena mungkin aja gak akan diadakan kalo pandemi selesai apalagi Konser Musik Virtual Event selain Konser Virtual yang diatas di bulan-bulan kemarin ada juga Virtual Konser seperti DWP, Senoparty From Home yang bahkan sudah sampai di Vol.4, Soundrenaline dan lain sebagainya.

Pada akhir tahun 2021 ini juga, Soundrenaline yang biasa diselenggarakan di Garuda Wisnu Kencana, Bali akhirnya setelah 2 tahun lamanya tidak ada kabar kapan akan menggelar konser akhirnya sudah kembali diselenggarakan. Konser Musik Soundrenaline 2021 juga dapat dinikmati secara langsung di RCTI.

Untuk melepas stress di bulan Oktober ini hadir juga Festival Musik terbesar yang sudah beberapa tahun ini hiatus dan kembali hadir lagi karena acaranya Virtual bisa langsung kalian akses di Aplikasi RCTI+.

Gambar Gravatar
Pengguna aktif media sosial lebih dari 1 dekade. Blogger sejak 2012, dan sangat menyukai dunia teknologi.