Asal Mula TikTok

Tik Tok Berasal Dari Mana?

Diperbaharui

Darimana tiktok berasal? Apa hubungan tik tok dengan musically? Ketahui lebih lanjut mulai dari sejarah hingga potensinya di masa depan


Dari mana tiktok berasal?  Tiktok adalah media sosial berbagi video musik asal negara China. Tik tok dikenal juga dengan sebutan Douyin (Hanzi: 抖音) yang didirikan oleh Zhang Yiming.

Saat ini, tiktok berada dibawah perusahaan ByteDance, sebuah perusahaan raksasa di negeri Tirai Bambu.

Tiktok dirilis perdana tahun 2016, tepatnya pada bulan September 2016 oleh pendiri Toutiao, yang tidak lain adalah Zhang Yiming.

 

Sejarah Asal Mula Tiktok

Seorang pria bernama Zhang Yiming adalah seorang lulusan software engineer dari Universitas Nankai yang terletak di negara China.

Ia membangun perusahaan di bidang teknologi bernama ByteDance pada bulan Maret 2012.

Pada bulan September 2016, ByteDance merilis aplikasi bernama Douyin. Dalam waktu singkat, aplikasi video pendek ini menjaring 100 juta pengguna dan mencapai 1 miliar video views setiap harinya.

Setelah berjaya di negara sendiri, Tiktok mulai melakukan ekspansi pasar ke luar negeri.
Mereka mengakuisisi aplikasi Musical.ly tahun 2017 yang merupakan raja medsos di bidang sharing video singkat di Amerika Serikat.

Agar lebih familiar di telinga orang non China, nama aplikasi nya pun diganti menjadi Tik Tok.

Di Indonesia aplikasi ini mulai populer tahun 2018. Saat masa pandemi, popularitas tiktok semakin meningkat tajam, karena banyak aktifitas dilakukan dari dalam rumah.

 

Lihat Juga :  Apa Perbedaan Tiktok dan Tiktok Lite? [Jawaban Ringkas]

 

Apa yang Membuat Tiktok Mendunia?

Berbeda dari media sosial lainnya, tiktok menonjolkan layanan video singkat ditambah video musik yang asyik untuk didengar.

Selain itu, editing video di tiktok sangat mudah digunakan (user friendly), sehingga tanpa memiliki skill tinggi di video editing, kita tetap bisa membuat konten yang menarik ditambah banyaknya visual effect yang tersedia secara gratis.

Video singkat dengan konten yang menarik + Musik asyik + visual effect yang memanjakan mata = menghasilkan rasa ketagihan tersendiri di medsos buatan Tiongkok ini.

 

Apakah Tiktok Berdampak Negatif?

Tiktok adalah sosial media. Sifatnya netral, kitalah sebagai manusia yang memiliki kontrol penuh atas tool ini.

Jika kamu hanya memfollow akun edukasi, dan membatasi waktu kamu bermain media sosial, maka dampak positif lebih banyak kita terima.

Lain hal jika kamu sudah keblablasan soal waktu ditambah menonton video tidak jelas (video joget-joget), maka tiktok akan membawa dampak negatif pada dirimu.

 

Lihat Juga :  Tiktoksss : Panduan Lengkap Cara Menggunakan

 

Tiktok Menjadi Masa Depan Media Sosial?

Ada beberapa prediksi yang menyatakan kalau di masa depan, tiktok akan menjadi salah satu pemimpin di bidang media sosial.

Hal ini tidak mengherankan juga karena melihat perkembangannya yang begitu pesat. Dimana-mana sudah banyak orang yang rela berjoget di depan kamera demi mengikuti challenge konten di tiktok.

Kita juga bisa melihat Youtube yang serius menggarap layanan video pendeknya yang mirip fiturnya seperti yang ada di aplikasi tiktok.

 

Penutup

Kami harap penjelasan ini dapat membantu dalam memahami asal-usul dari tiktok. Dari berbagai penjelasan diatas, adakah bagian yang perlu diperjelas lebih dalam lagi?

Jika kamu punya pertanyaan dari konten diatas, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar ya.

Gambar Gravatar
Berbagi adalah sebuah kebahagian dalam kehidupan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *