Ekstensi Browser Cocok untuk Blogger

Extension Chrome Cocok Untuk Blogger

Diperbaharui

Apakah kamu seorang blogger atau yang suka menulis di blog? Pubiway sangat merekomendasikan untuk menginstall ekstensi ini di browser kamu!


Ekstension ini akan sangat membantu dalam menjalankan aktifitas harian dalam dunia blogging. Oh iya, extension ini bisa kamu install di semua browser yang berbasis chromium.

Mulai dari Google Chrome, Vivaldi, Brave, Microsoft Edge yang terbaru, dan lain-lain.

Ekstension Browser Yang Cocok Untuk Blogger

Berikut ini ekstensi browser yang cocok banget kamu install di browser kesayangan kamu. Semua ini tersedia di Chrome Web Store secara cuma-cuma.

1. Mozbar

Mozbar sangat berguna untuk mengecek angka Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) suatu website.

Umumnya, web yang DA PA nya tinggi itu sudah punya otoritas di internet. Ini bisa menjadi salah satu patokan awal dalam menganalisa persaingan nantinya di hasil SERP.

Selain itu, kita juga bisa tahu berapa jumlah backlink dan domain yang mengarah ke halaman atau situs tertentu. Dengan membuat akun di moz, kita bisa melihat langsung list situs-situs yang memberi backlink ke website yang ingin kita amati.

Tentu saja mozbar ini gratis untuk digunakan ya.

 

2. WMS

Whats My Serp atau yang bisa disingkat WMS adalah ekstensi untuk melihat jumlah hasil pencarian bulanan suatu keyword yang kita cari di google.

Selain itu, akan muncul keyword yang relavan dengan keyword yang sedang kita cari. Tentu saja ini adalah alat yang masih gratis yang sangat recommended untuk memaksimalkan riset SEO.

Selain hasil jumlah pencarian perbulan, juga ditampilkan CPC dari keyword tersebut loh. Oh iya, jika ingin menggunakan ekstensi ini, kita wajib membuat akun WMS dulu.

Tenang, semuanya gratis kok tanpa biaya sepeserpun. Ingat, masih gratis…. manfaatkan sebelum berubah jadi berbayar hihihi

 

3. Image-Details

No 1 dan 2 kita membicarakan hal yang terkait erat dengan SEO. Nah kalau ekstensi no.3 ini adalah tentang gambar.

Dengan ekstension ini kita bisa melihat gambar secara lebih detail, seperti :

  • Nama lengkap file gambar
  • Tipe filenya : bisa .png, .jpg, dan lain-lain
  • Ukuran File : misalnya 200 KB
  • Dimensi : misalnya 200 x 135 px
  • Tanggal : Waktu file ini dibuat/diupload ke hosting websitenya
  • Deskripsi gambar
  • Judul gambar
  • URL Gambar
  • Halaman Gambar

Alat yang satu ini akan sangat membantu banget buat menganalisa blog-blog orang lain.

 

 

4. Google Translate

Yap, mungkin kita terbiasa menterjemahkan kalimat dengan masuk ke situs translate.google.com dulu.

Namun dengan tools ini, kita bisa mengeblok kalimat dan lansung menterjemahkannya. Selain itu kita bisa langsung translate isi halaman yang sedang kita buka.

Ini sangat berguna kita berselancar di internet dan kita tidak begitu paham bahasa asing. Misalnya saya mau baca blog tentang SEO dari Brian Dean (Backlinko), karena saya masih belum paham banget bahasa Inggris, ya saya terjemahkan saja 1 halaman.

 

5. Link Checker

Ekstensi Link Checker fungsinya sangat simpel sekali serta berukuran sangat ringan.

Buka suatu halaman yang punya beberapa link, nyalakan ekstensi, dan klik tombol Start Check.

Nanti tools ini akan langsung mengecek semua link yang ada di halaman tersebut. Mana yang masih hidup, mana yang broken link, dan sebagainya.

Tentu ini menjadi bisa menjadi alternatif untuk mengecek broken link di halaman yang punya banyak link.

 

6. Scrapper

Dari semua daftar ekstensi di blog ini, Scrapper adalah yang paling tidak mudah dipahami. Namun fungsinya sangat amat membantu.

Misalnya kamu buka google search, lalu menemukan kotak FAQ tempat pertanyaan dan jawaban yang sering ditanyakan di google.

Dengan ekstensi ini kamu dapat mengambil semua pertanyaan serta jawaban yang tampil disana tanpa repot-repot copy paste satu persatu.

 

7. Whatfont

Kamu pernah melihat website yang memakai font tertentu yang sangat menarik hati kamu, tapi kamu tidak tahu dia pakai font jenis apa?

Inilah tools yang bisa menjawab pertanyaan tersebut. Dengan sekali klik, kita langsung tahu website itu sedang memakai font jenis ini.

Misalnya saya yang panasaran dengan jenis font yang dipakai situs medium. Dengan ekstensi ini saya jadi tahu jawabannya tanpa perlu mengulik view source code websitenya.

 

8. Windscribe

Dari banyak ekstensi VPN, ini adalah salah satu yang terbaik.

Tanpa melakukan registrasi apapun, kita bisa terkoneksi internet lewat jaringan VPN yang tersedia secara gratis sebanyak 2 GB / bulan.

Jika ingin lebih, kita tinggal daftar saja di websitenya, dan dapat jatah 10GB juga secara gratis. Pokoknya ini ekstensi yang worth it buat dinstall terlebih ketika membuka website yang mewajibkan kita memakai koneksi VPN.

 

 

Penutup

Kami harap daftar ekstensi rekomendasi untuk blogger ini dapat membantu hari-hari kamu dalam menjalani aktifitas per-blog-an.Dari list diatas, yang mana favoritmu?

Adakah ekstensi lain yang juga sangat recomended?

Jika kamu punya saran lain, kasih tahu di komentar ya. Terimakasih

Gambar Gravatar
Berbagi adalah sebuah kebahagian dalam kehidupan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *