Pengertian Media Sosial

Pengertian Media Sosial

Diperbaharui

Apa itu Media Sosial?

Generasi millenial seperti kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya media sosial.

Sebenarnya apa sih defenisi medsos itu sendiri?

Untuk mengetahuinya, mari lihat Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Menurut KBBI, media sosial adalah laman atau aplikasi yang memungkinkan pengguna dapat membuat dan berbagi isi atau terlibat dalam jaringan sosial.

 

Selanjutnya, mari kita lihat pendapat seorang ahli.

Menurut Eisenberg, medsos adalah flatform online untuk melakukan interaksi, berkolaborasi dan menciptakan atau berbagi konten-konten dalam bentuk digital.

 

Jadi kita dapat menarik suatu kesimpulan, bahwa media sosial adalah layanan dalam bentuk online yang bisa diakses dari website maupun aplikasi, dimana para penggunanya dapat saling berinteraksi, dan melakukan aktivitas bersosialisasi layaknya di dunia nyata.

 

Sekarang, apa saja contoh dari medsos tadi? Mari kita bahas satu persatu.

Contoh Media Sosial

Ada banyak sekali media sosial yang dirilis di planet Bumi. Ada yang sudah terkenal hingga mendunia, dan ada juga yang masih sebatas kelas lokal saja.

Berikut contoh-contohnya :

#1 Facebook

Facebook yang awalnya bernama The Facebook dirilis oleh seorang mahasiswa dari Universitas Harvard tahun 2004. Anda pasti pernah mendengar namanya, Mark Zuckerberg.

Sebenarnya FB bukanlah medsos pertama. Ada pendahulunya yang juga terkenal, namanya friendster. Saya sendiri belum pernah mencicipi layanan ini karena sudah tutup tahun 2009 lalu.

Hingga kini facebook masih menjadi raja media sosial. Dalam laporan keuangan kuartal kedua (Q2) di tahun 2020, facebook menyatakan bahwa terdapat 2,7 miliar pengguna aktif bulanan disana.

Apakah kamu adalah salah satunya, atau sudah tidak pernah mengunjunginya lagi seperti teman-teman saya yang mengangap FB itu sudah kuno?

 

#2 Twitter

Twitter dibuat oleh Jack Dorsey tahun 2006. Dulu kita mengenalnya karena keunikannya yang hanya bisa membuat postingan sebanyak 140 karakter.

Karena keterbatasan tersebut, muncullah layanan pihak ketiga yakni tweetlonger yang berbasis api twitter.

Kalau sekarang Twitter sudah mengupdate aturan, dan bisa ngetweet hingga 280 karakter atau 2 kali lipat sebelumnya.

Twitter adalah tempat yang asyik untuk melihat trending topik yang hangat dibicarakan netizen. Kita bisa melihat secara spesifik trending topik di suatu negara.

 

#3 Instagram

Instagram ini dirilis tahun 2010 oleh Kevin Systrom dan Mike Kriege.

2 tahun kemudian barulah Facebook datang dan mengakuisisi Instagram senilai 1 Milliar Dollar Amerika Serikat (kalau dalam rupiah sekitar 9 triliun, ingat nol nya ada 12)

Di tangan FB, IG semakin berkembang dan merambah kemana-mana. Rasanya setiap teman saya punya minimal 1 akun di instagram, baik asli ataupun fake.

Disini kita bisa berbagi dan melihat orang lain termasuk artis dan tokoh terkenal membagikan foto, video, dan snapgram. IG memang menarik, tapi bagi saya ada sosmed baru yang juga punya efek candu yang lebih tinggi.

 

#4 Youtube

Youtube youtube lebih dari TV boom!

Dulu benar, sekarang? Rasanya tidak beda jauh, isi trending kebanyakan ya program dari TV. Peminat TV berkurang apalagi generasi millenial dan setelahnya itu sukanya nonton YT.

Rasanya hampir semua orang yang doyan berinternet pernah membuka youtube. Ada banyak video yang asyik untuk ditonton tanpa takut ketinggalan jam tayang. Benci iklan? Tinggal pakai Youtube Premium.

Youtube ini rilis di tahun 2005, dan semakin tahun berjalan, semakin banyak penggunanya.

Saya yakin youtube akan terus berkembang dan sulit tertandingi. Apabila anda sedang memilih tontonan yang bagus, boleh banget cek daftar channel youtube terbaik versi pubiway.

 

#5 Pinterest

Pinterest ini media sosial berbagi gambar. Ada banyak gambar disini, mulai dari desain rumah, resep, dan banyak lagi.

Medsos ini memang kurang begitu populer di Indonesia, namun di dunia jangan remehkan jumlah penggunanya.

Pinterest mulai hadir tahun 2010, dan penggunanya terus bertambah.

 

#6 Tumblr

Tumblr ada di tahun 2007. Memang terlihat seperti flatform blogging, tapi tetap menawarkan nuansa media sosial. Bisa berinteraksi sesama pengguna, membagikan ulang suatu postingan, dan banyak lagi.

Tumblr ini pernah diblokir di Indonesia sebanyak 2x. Tahun 2016 dan 2018. Sekarang tumblr bebas diakses dari operator manapun.

 

#7 Vk

VK atau VKontakte adalah media sosial asal Russia. Dirilis pertama kali tahun 2006.

Fitur nya juga mirip dengan medsos lainnya.

Kamu juga bisa menggunakan Vk, cukup ganti bahasanya ke bahasa Inggris.

 

Lihat Juga :  Cara Membuat Bio Instagram diikuti oleh Artis (Sesukamu)

 

#8 Tiktok

Tiktok adalah media sosial asal negeri Tirai Bambu, RRT (China) yang dirilis tahun 2016.

Pada awalnya, banyak yang beranggapan pengguna tiktok ini orang-orang alay.

Tapi di tahun 2020 saat #DirumahSaja digaungkan karena adanya pandemi, tiktok melejit parah. Sekarang orang pakai tiktok dianggap normal.

Bagi saya pribadi, tiktok ini bisa menimbulkan rasa candu yang tinggi dibandingkan medsos lainnya. Kombinasi video, musik yang enak didengar, dan durasi yang tidak terlalu panjang membuatnya menjadi “menarik“.

Kemungkinan, tik tok atau yang biasa disebut Douyin ini akan menjadi raja di media sosial dalam beberapa tahun mendatang.

 

#9 Sestyc

Dari tadi kita menyebut media sosial dari luar negeri semua, sebagian besar dari negeri paman sam (AS).

Bagaimana dengan Indonesia, punyakah media sosial sendiri?

Ada, salah satunya bernama sesytc.

Dirilis tahun 2019 oleh 5 orang millenial asal kota Surabaya.

Medsos satu ini mirip dengan instagram, dan bisa didownload di playstore ataupun appstore secara gratis.

 

#Medsos Lainnnya

Ada banyak sosmed-sosmed lain yang bertebaran di planet bumi ini (soalnya belum ada yang merilis dari planet Mars). Kita sebutkan 9 saja dulu ya, semoga itu dapat mewakilkan yang lainnya.

Lihat Juga :  Cara Mengganti Bahasa Facebook (di HP dan Komputer)

Penutup

Demikianlah pembahasan kita tentang media sosial. Semoga penjelasan beserta contoh-contohnya ini dapat mencerahkan pemahaman kita akan media sosial secara mendasar.

Kalau kamu, medsos mana yang menjadi favoritmu?
Isi di kolom komentar ya.

Referensi :
Referensi Artikel Media Sosial

Gambar Gravatar
Berbagi adalah sebuah kebahagian dalam kehidupan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *